Senin, 07 Februari 2011

Belajar Fisika dengan Aplikasi Linux

0 komentar
Linux Ubuntu menyertakan banyak paket yang berguna untuk fisika yang dapat digunakan untuk Peneliti, Dosen / Guru. dan Mahasiswa / siswa yang di rekomendasikan oleh Ubuntu diantaranya adalah :


Geant321


Sebuah toolkit untuk simulasi perjalanan partikel melalui materi
Detektor partikel deskripsi dan simulasi alat Geant mensimulasikan perjalanan partikel sub-atomik melalui materi, misalnya, detektor partikel. Untuk fleksibilitas maksimum, Geant simulasi dilakukan dengan menghubungkan kode Fortran disediakan oleh pengguna dengan perpustakaan Geant, kemudian menjalankan executable yang dihasilkan.


Lightspeed


Sebuah program berbasis OpenGL dikembangkan untuk menggambarkan efek dari relativitas khusus pada munculnya benda bergerak.
Menunjukkan bagaimana benda bergerak dengan kecepatan relativistik terlihat seperti Kecepatan Cahaya! adalah sebuah program berbasis OpenGL yang menggambarkan efek dari relativitas khusus pada munculnya benda bergerak. Ketika sebuah benda mempercepat melewati beberapa juta meter per detik, efek ini mulai tumbuh nyata, menjadi lebih dan lebih diucapkan seperti kecepatan cahaya didekati. Efek-efek relativistik adalah sudut pandang-tergantung, dan termasuk pergeseran panjang, warna objek, kecerahan dan bentuk.
Objek bergerak, secara default, kisi-kisi geometri. LightWave 3D Studio dan objek 3D dapat diimpor juga. Terbaik dari semua, simulator benar-benar interaktif, rendering distorsi eksotis secara real-time


Cernlib
Serangkaian alat analisis data dan perpustakaan yang dibuat untuk digunakan dalam eksperimen fisika, tetapi juga dengan aplikasi untuk bidang lain seperti kimia dan ilmu biologi.


Selain itu juga ada beberapa aplikasi Linux untuk Fisika seperti :


CLHEP
Sebuah Class Library untuk Fisika Energi Tinggi


ELMER
Software Elemen untuk Multiphysical.

JaxoDraw
Sebuah Java program untuk menggambar diagram Feynman.

PHYSICA
Tingkat tinggi, lingkungan pemrograman interaktif dengan grafis user friendly dan canggih kemampuan analisis matematis.

Pluto + +
A Monte Carlo alat untuk fisika hadronic

PWscf
Juga dikenal sebagai Espresso kuantum. Sebuah pesawat-gelombang teori kerapatan fungsional kode. Ini juga memiliki GUI yang tidak terlalu ramah.

ROOT
Sebuah Object Oriented Analisis Data Kerangka

SIESTA
Lain teori kerapatan fungsional kode. Satu ini menggunakan orbital atom sebagai dasar nya. Gratis untuk penggunaan non-komersial.

XCrySDen
Struktur kristal dan visualisasi molekul program. Hal ini terutama berguna untuk menampilkan file output dari kode DFT, seperti PWscf, Wien2k.

Leave a Reply

 
Copyright © 2009-2015 Yayasan UMBOH

Credit to dhetemplate and SMK TI Bulukumba