Sabtu, 26 Februari 2011

Materi Excel 2007 | Rumus dan Fungsi Bagian 1

1 komentar
Sekilas Tentang Rumus
Rumus atau Formula merupakan sebuah persamaan matematika yang melakukan perhitungan pada nilai-nilai dalam lembar pekerjaan Anda. Rumus selalu dimulai dengan tanda sama dengan (=).  Sebagai contoh, rumus berikut mengalikan 2 dengan 3 dan kemudian menambahkan 5 hasil tersebut.

=5+2*3

Rumus juga dapat berisi salah satu atau semua yang berikut ini: fungsi, referensi, operator dan konstanta.perhatikan gambar dibawah ini :

  1. Fungsi PI(), yaitu angka 3.142
  2. Mengambil referensi dari cell A2
  3. Konstan dengan nilai 2
  4. Operator dalam contoh di atas memakai * (kali) dan ^ (pangkat)
Jenis-jenis Operator
terdapat 4 jenis operator perhitungan pada microsoft office excel yaitu : Aritmatika , Perbandingan, Penggabungan teks, dan Referensi.

Operator Aritmatika berfungsi untuk melakukan operasi matematika dasar seperti penambahan, pengurangan, atau perkalian; menggabungkan angka, dan menghasilkan hasil numerik 

Operator Perbandingan digunakan untuk membandingkan dua nilai atau lebih. Hasil yang di peroleh dari operator perbandingan adalah nilai logis Benar atau Salah (True / False)


Operator Penggabungan Teks digunakan untuk bergabung atau menggabungkan sata atau lebih teks dengan menggunakan simbol Ampersand (&) untuk menghasilkan satu bagiann teks.


Operator Referensi digunakan untuk menggabungkan sel dalam melakukan perhitungan.


Materi Referensi :
http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/overview-of-formulas-HP010081865.aspx

Bersambung ke Fungsi-Fungsi Excel

One Response so far.

  1. Ijin Share yah????
    www.assalam.link

Leave a Reply

 
Copyright © 2009-2015 Yayasan UMBOH

Credit to dhetemplate and SMK TI Bulukumba