Sabtu, 26 Februari 2011

Mudah membuat Media Pembelajaran dengan Mouse Mischief

0 komentar

Media pembelajaran sangat penting dalam menunjang proses belajaran dalam hal ini guru berperan aktif dalam memilih dan mendesain Media Pembelajaran yang tepat, mudah, menarik dan menyenangkan. dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi alternatif pemilihan media pembelajaran kini semakin mudah. Pada tutorial kali ini akan di uraikan tetang salah fitur Microsoft Office Power Point yang dirancang khusus untuk Guru yaitu Add-in yang diberi nama Microsoft Mouse Mischief .

Microsoft Mouse Mischief adalah suatu add-in yang memanfaatkan teknologi multipoint. Teknologi Multipoint ini sendiri adalah suatu teknologi yang memungkinkan satu buah komputer dapat terkoneksi dengan banyak mouse, sehingga akan lebih banyak pengguna yang dapat mengakses satu komputer. Biasanya, satu komputer dihubungkan dengan USB Hub (untuk mouse USB), atau dengan memanfaatkan mouse wireless.

Add-in ini berintegrasi dengan Ms. Power Point 2007 dan 2010 sehingga untuk kita para guru yang sudah terbiasa menggunakan Ms. Power Point sebagai Media pembelajaran atau Pesentase materi menggunakan add in ini tidaklah susah. Dalam fitur Mouse Mischif  siswa dapat mengambar dan menjawab soal yang dipersentasekan secara interaktif. 



Petunjuk Install
1. Kebutuhan Standar
Sistem Operasi yang di butuhkan untuk menginstal Add in ini adalah Windows 7, Windows Vista atau Windows XP Pack 3 dengan spesifikasi Processor 1 GHz processor, dual-core atau quad-core Memori minimal 1 Gb, Resolusi Video 1024 x 768 atau lebih tinggi, menggunakan DirectX 9 atau yang terbaru, dan yang terakhir pastikan di PC anda terdapat Microsoft PowerPoint 2010 (32 bit) atau Microsoft Office PowerPoint 2007.
Jika anda menggunakan Windows vista atau  XP Pack 3 pastikan terlebih dahulu menginstal .NET Framework 3.5 SP1
2. Download Mouse Mischief dan Install
3. Buka PowerPoint maka akan ada tambahan tab baru yaitu Multiple-Mouse (Lihat gambar diatas)



    Cara Penggunaan
    Membuat pertannyaan Benar - Salah


    1. Klik New Slide untuk membuat slide baru,
    2. Kemudian klik Ribbon Yes/No untuk membuat pertanyaan Benar - Salah.
    3. Masukan pertanyaan pada kotak yang disediakan
    4. Klik Assign Answer untuk menetukan jawaban yang benar
    5. Pilih nomor jawaban yang benar dari pertanyaan yang dibuat

      Membuat Soal Pilihan ganda
      Untuk membuat soal pilihan ganda langkah-langkahnya hampir sama dengan membuat Soal Benar salah hanya tab yang di Klik adalah Tab Multiple Choice dan memilih berapa jumlah pilihan jawaban yang akan di tampilkan dan untuk fungsi yang lain Silahkan bereksplorasi sendiri  (Pengalaman adalah Guru yang baik) jika ada masalah silahkan gunakan fasilitas komentar blog ini
      Berikut ini link download Aplikasinya
      - .NET Framework 3.5 SP1 
      - Microsoft  Mouse Mischief

        Sumber :
        http://www.microsoft.com

        Leave a Reply

         
        Copyright © 2009-2015 Yayasan UMBOH

        Credit to dhetemplate and SMK TI Bulukumba