Senin, 21 Maret 2011

Warning !! Spam di chat Facebook

0 komentar
Apa itu SPAM ??

Spam atau bisa juga berbentuk junk mail adalah penyalahgunaan sistem pesan elektronik (termasuk media penyiaran dan sistem pengiriman digital) untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal. Umumnya, spam menampilkan berita secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Pada akhirnya, spam dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Orang yang menciptakan spam elektronik disebut spammers.
Bentuk spam yang dikenal secara umum meliputi : spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spam iklan baris daring, spam jejaring sosial.

Beberapa contoh lain dari spam, yaitu pos-el berisi iklan, surat masa singkat (SMS) pada telepon genggam, berita dalam suatu forum kelompok warta berisi promosi barang yang tidak terkait dengan kegiatan kelompok warta tersebut, spamdexing yang menguasai suatu mesin pencari (search engine) untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu, berita yang tak berguna dan masuk dalam blog, buku tamu situs web, spam transmisi faks, iklan televisi dan spam jaringan berbagi.

Spam dikirimkan oleh pengiklan dengan biaya operasional yang sangat rendah, karena spam tidak memerlukan senarai (mailing list) untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Karena hambatan masuk yang rendah, maka banyak spammers yang muncul dan jumlah pesan yang tidak diminta menjadi sangat tinggi. Akibatnya, banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (Penyelenggara Jasa Internet atau Internet Service Provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Spam sering mengganggu dan terkadang menipu penerimanya. Berita spam termasuk dalam kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan pidana yang bisa ditindak melalui undang-undang Internet. [wikipedia]

Spam di Chat Facebook
2 hari yang lalu pengguna Facebook di banjiri dengan Spam via Chatting yang berisi pesan yang mengajak pengguna facebook untuk mengklik link yang dikirimkan secara acak . Berikut ini adalah daftar pesan chat yang diterima oleh calon korban :

  • WTF: G1RL made suicide after her DAD posted THIS mess@ge on her wa11:: bit.ly/hiht3w
  • OMG: This girl killed herself after her FATHER posted this message on her wall: bit.ly/dT1UnF
  • Hey, check out this girl, lol, she must be out of her mind for making that video!: bit.ly/eT8PcT   [PHISING !!!]
  • Haha, I am going to look like a sharpie in 20 years! See what you will look like here: bit.ly/gibOLQ
  • WTF: This AMERICAN guy should be STONED to DEATH for doing this to his GIRLFRIEND: bit.ly/fyBfTv

Ketika link di chat tersebut di klik oleh maka pengguna akan diarahkan ke halaman aplikasi facebook untuk permintaan Ijin menggunakan aplikasi. dan apabila di Ijinkan maka aplikasi tersebut otomatis akan mengecek teman yang sedang Online dan mengirimkan pesan diatas kepada semua teman facebook. Bukan hanya spam, menurut penulusuran kami terdapat aplikasi phising (penipuan untuk mencuri password) di link tersebut. Teknik baru ini dikenal dengan nama Chat Hijackers

Berikut ini adalah informasi alamat situs yg dicurigai batu loncatan Spam tersebut diantaranya adalah :
www.aclebite.info
www.flyingrate.info
www.foressint.info
www.yemenessi.info
www.frugarism.info
Mudah-mudahan masalah ini sudah di perbaiki oleh facebook, dan saran kami jika anda melihat pesan chat menyerupai di atas, agar tidak mengklik link tersebut. dan jika sudah terlanjur mengklik ling tersebut diatas silahkan hapus aplikasi tersebut dengan cara :
  1. Klik Akun ( diujung kanan atas )
  2. Klik Pengaturan Privasi
  3. Cari pada bagian Bawah Aplikasi dan Situs Web
  4. Klik Sunting Pengaturan Anda
  5. cari  Aplikasi Spam tersebut dan klik Hapus
Berikut ini daftar ID App Spam dan nama aplikasinya
159786594077656 | aclebite
186983744678451 | fumialistl

Semua Informasi diatas bersifat Dinamis, karena hacker punya berbagai cara untuk mengelabui mangsanya. Teruslah up to date, dan jangan malu untuk bertanya. 

"Malu bertanya Tersesat di Facebook" 

Leave a Reply

 
Copyright © 2009-2015 Yayasan UMBOH

Credit to dhetemplate and SMK TI Bulukumba