Senin, 12 Desember 2011

Amankah privasi anda saat menggunakan handphone ?

0 komentar

Baru-baru ini Dunia IT dihebohkan dengan temuan Trevor Eckhart, seorang pakar keamanan android yang meneliti tentang suatu piranti lunak yang mampu mengetahui tingkah laku pengguna telepon cerdas (smartphone). Carrier IQ semula ditujukan untuk keperluan vendor atau operator telepon dalam menganalisis, meningkatkan, dan melakukan perbaikan terhadap layanan pengguna. Namun, ternyata kemampuan Carrier IQ lebih dari itu.

Berita Youtube dan Demonstarsi bagaimana IQ Carrier menyadap handphone anda


Carrier IQ bisa membaca setiap tombol yang disentuh oleh user (keylogger), bahkan seluruh kegiatan di ponsel, misalnya lokasi di mana pengguna handset itu berada, nomor telepon masuk-keluar, berbagai pesan, sampai situs yang dikunjungi, ikut terekam.

Ketika ditelusuri ternyata Carrier IQ terdeteksi hampir pada semua sistem operasi handphone seperti iOS di iPhone, BlackBerry, WebOS, dan Symbian pada Nokia serta Android.

Menurut situs resmi Carrier IQ, tercatat lebih dari 141 juta perangkat atau handset yang menggunakan perangkat lunak ini, tetapi menurut Vice President Carrier IQ, Andrew Coward, mengatakan peranti lunak yang dijual perusahaannya bukan untuk memata-matai aktivitas pengguna telepon seluler cerdas.

Coward juga mengatakan layanan itu untuk memenuhi keperluan vendor atau operator telepon dalam menganalisis, meningkatkan, dan melakukan perbaikan layanan kepada pengguna dan jika ada vendor ponsel yang meminta supaya Carrier IQ dimasukkan ke dalam perangkat buatan mereka, Coward mengatakan perusahaannya selalu meminta izin ulang untuk membenamkan piranti lunak tersebut sebelum produk tersebut dilempar ke pasar.

Jadi ada ada dua cara bagaimana software ini bisa bersemayam di handphone anda. Pertama, pabrikan ponsel meminta Carrier IQ membenamkan peranti lunak itu ke dalam produk buatannya. Kedua, ketika pengguna melakukan aktivasi handset mereka. Jika pelanggan melakukan log in melalui server yang menggunakan Carrier IQ, software ini otomatis ikut terbawa di dalamnya dan data pengguna ditransmisikan melalui jaringan seluler.

Karena kekhawatiran tersebut Konsumen pun tak tinggal diam. Sejumlah pengguna ponsel pintar yang mengetahui handset mereka telah disusupi Carrier IQ mengajukan gugatan ke pengadilan di Los Angeles, Amerika Serikat.

Dalam surat gugatan, mereka menuding operator seluler T-Mobile USA dan Sprint Nextel Corp, serta vendor ponsel, Motorola Mobility Holdings Inc, Samsung Telecommunications America, dan Research In Motion Ltd, telah melanggar privasi.

Bahkan sudah ada beberapa anggota kongres yang bergabung dengan Senator Al Franken, Minnesota menuntut dan mempertanyakan lebih detail kepada Carrier IQ tentang Data-data apa saja yang telah dikumpulkan, Proses Ijin dan Hukum yang telah di tempuh untuk menggunakan teknologi sebagai pintu belakang dalam rangka pengawasan dan sesuai jadwal, perusahaan ini akan menjawab segala macam pertanyaan tersebut pada tanggal 14 desember 2011 nanti.

Bagaimana dengan anda ! apakah harus membuang Handphone karena piranti lunak ini ?
jangan cemas sekarang sudah ada solusinya,
Untuk menonaktifkan software Carrier IQ di perangkat yang berjalan dengan sistem operasi iOS 5, pengguna dapat mematikan “Diagnostics and Usage” pada menu Settings.

Adapun untuk ponsel Android, sedikit lebih rumit. Pertama, yang harus dilakukan adalah mengetahui apakah terdapat Carrier IQ di ponsel Anda. Untuk itu, unduh terlebih dulu aplikasi gratis yang dibuat peneliti masalah keamanan sistem operasi Android, Trevor Eckhart.

Setelah aplikasi diunduh dan terinstal, jalankan "CIQ Checks". Kemudian Anda akan mengetahui apakah ponsel Anda mengandung Carrier IQ atau tidak.

Sayangnya, untuk membuang Carrier IQ dari ponsel jauh lebih rumit ketimbang sekadar mendeteksinya. Untuk ponsel Android, misalnya, harus ada program khusus lagi untuk menghapusnya. Program tersebut tidak gratis alias berbayar.

Sumber :
technologyreview.com
tempo.co

Leave a Reply

 
Copyright © 2009-2015 Yayasan UMBOH

Credit to dhetemplate and SMK TI Bulukumba