Jumat, 27 Januari 2012

Worksheet Excel 2007 | Materi TIK SMA XI

Menggunakan Workbook dan Worksheet untuk Membuat Dokumen Pengolah Angka

2. Worksheet
Saat pertama kali mengaktifkan Excel 2007, maka di layar akan terlihat tiga buah worksheet (buku kerja). Anda dapat menambah atau mengurangi jumlah worksheet tersebut. Di samping itu, Anda dapat mengubah nama worksheet default.
  1. Tampilan Worksheet
    Dalam bekerja dengan Excel 2007 ini, Anda dapat mengubah bentuk tampilan sesuai dengan kebutuhan Anda. Bentuk tampilan tersebut antara lain sebagai berikut.
    • Tampilan Normal
      Tampilan normal ini merupakan bentuk tampilan standar (default) dari Excel 2007. Perintah untuk merubah tampilan normal adalah dengan mengklik menu bar View, kemudian klik pilihan Normal.
    • Tampilan Page Break Preview
      Tampilan ini berfungsi untuk menentukan area pencetakan data pada worksheet yang aktif. Perintah yang digunakan adalah kilk menu bar View, kemudian klik pilihan Page Break Preview.
    • Menentukan tampilan Custom
      Dalam keadaan default tampilan worksheet memiliki skala 100%. Anda dapat mengubah sesuai kebutuhan Anda. Perintah yang digunakan untuk mengubah tampilan tersebut adalah klik menu View, kemudian klik pilihan Zoom, klik bagian Custom, kemudian ketik nilai yang diinginkan dan akhiri dengan klik OK.
    • Tampilan Page Layout
      Tampilan Full Screen
  2. Pengelolaan Sheet
    Pekerjaan pengolahan data dalam sebuah sheet seringkali menambahkan, mengurangi, memilih, dan mengaktifkan sheet maupun mengganti nama. Semua proses tersebut dapat dilakukan dengan cara klik kanan mouse pada salah satu nama sheet kemudian pada layar akan terlihat menu shortcut yang berisikan perintah-perintah berkaitan dengan sheet
    Keterangan:
    Insert : untuk menyisipkan sheet baru
    Delete : untuk menghapus sheet
    Move or Copy : untuk memindahkan atau meng-copy sheet
    View Code : untuk melihat kode-kode sheet
    Protect Sheet : untuk membuat password/memprotect sheet
    Select All Sheet : untuk memilih dan mengaktifkan sheet secara keseluruhan

Materi Sebelumnya
Materi Selanjutnya
Kembali ke DAFTAR MATERI Sumber :

 
Copyright © 2009-2015 Yayasan UMBOH

Credit to dhetemplate and SMK TI Bulukumba