Kamis, 16 Agustus 2012

Menggunakan Komputer tanpa menyentuhnya

0 komentar
kendalikan-komputer-tanpa-menyentuhnya

Para pembaca Belajar TIK yang budiman, tentu dengan membaca judul  Menggunakan Komputer tanpa harus menyentuhnya terdengar aneh dan mustahil apa lagi jika hanya dengan lambaian tangan, tapi itulah perkembangan teknologi yang terus berkembang seiring kebutuhan untuk mempermudah manusia menggunakannya.

Di akhir tahun ini teknologi layar sentuh telah mengubah cara orang untuk berinteraksi dengan komputer PC, namun terdapat sejumlah pengguna PC yang masih terpaku dengan keyboard dan mouse. Untuk itu, para peneliti dari Microsoft menciptakan software yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputernya melalui lambaian tangan.

Software yang diberi nama SoundWave yang kabarnya akan di terapkan di Windows 8 tersebut memancarkan suara yang tak terdengar melalui speaker laptop, pada 20kHz, suara yang melengking cukup tinggi yang tidak dapat didengar oleh hampir semua orang, namun dapat ditangkap mikrofon laptop Anda.

Saat Anda menggerakan tangan ke arah (namun tidak mendekati) laptop, suara yang dipancarkan tersebut akan mengenai tangan Anda dan memantul sehingga mengubah nada. Itu adalah aksi efek Doppler, sama seperti sirene polisi yang tampil untuk mengubah nada saat berlomba melewati Anda di jalan. SoundWave dirancang untuk mendeteksi perubahan nada akibat pantulan dari tangan Anda. Efeknya mirip dengan sebuah Kinect yang ditempatkan di atas layar. Lambaian tangan  ke dan dari laptop dapat menciptakan aksi komputer untuk bergulir dari halaman atas ke bawah, bergulir antar foto dan membolak balik daftar.

Sebuah Kinect berharga $150, namun SoundWave menggunakan perangkat keras yang sudah built in. Software ini tidak dapat mendeteksi seluruh gerakan seperti yang dapat dilakukan Kinect, namun sepertinya Microsoft akan terus menambah beberapa jenis gerakan di masa yang akan datang, sejalan dengan meningkatnya pengiriman laptop yang disertai dengan dua mikrofon, di bagian kanan dan kiri. Berarti, SoundWave segera akan mampu melacak gerakan tangan dari satu sisi ke sisi lainnya, sebagai tambahan dari gerakan ke depan dan belakang.

SoundWave sendiri dirancang bukan untuk menggantikan teknologi layar sentuh, namun sepertinya dapat digunakan bersama dengan teknologi tersebut. Software ini akan sangat berguna terutama saat komputer digunakan dalam suatu grup secara bersamaan. Partisipan yang datang akan secara mudah mengatur tampilan layar hanya dengan menggerakan tangan melalui tempat duduknya.

Microsoft sendiri hingga saat ini belum memiliki rencana untuk merilis SoundWave. Mungkin saja SoundWave dapat ditampilkan di produk komputer PC yang akan datang atau disajikan ke konsumen melalui produk mandiri.



Sumber :
cnn.com | rikhojansen.com

Leave a Reply

 
Copyright © 2009-2015 Yayasan UMBOH

Credit to dhetemplate and SMK TI Bulukumba