Minggu, 23 September 2012

BIOSwimmer - Robot Ikan untuk Misi Keamanan

0 komentar
BIOSwimmer


Dalam pengembangan Teknologi Perang Canggih Masa Depan, baru-baru ini Pemerintah Amerika Serikat lewat Departemen of Homeland Security (DHS) Science and Technology Directorate (S&T) mengembangkan kendaraan bawah air tak berawak yang menyerupai seperti ikan tuna dengan nama BIOSwimmer.

Terinspirasi oleh ikan tuna, BIOSwimmer adalah kedaraan tak berawak (UUV) yang dirancang melakukan kemampuan manuver tinggi dalam lingkungan yang keras, dengan penyesuaian bentuk dengan bagian belakang fleksibel dan penempatan sirip dada dan bagian lainnya.

Dengan daya jangkau yang fleksibel, memungkinkan BIOSwimmer ini dapat menjangkau area sulit di bawah air yang tidak dapat dijangkau. Kendaraan berbentuk tuna ini juga dapat digunakan untuk memeriksa serta melindungi pelabuhan dan dermaga dan daerah-dareah yang sulit dijangkau oleh tank, bukan hanya itu saja BIOSwimmer juga dapat digunakan iuntuk menjalankan misi keamanan.

Boston Engineering Corporation Advance System Group (ASG) di Waltham, Massachusetts , sedang mengembangkan BIOSwimmer untuk S&T. "Ini dirancang untuk mendukung misi taktis serta kemampuan sensor dan alat kontrol untuk mengoptimalkan robot tersebut dalam menjalankan setiap misinya," kata Direktur ASG, Mike Rufo.

BIOSwimmer sendiri menggunakan tenaga baterai yang disesuaikan dengan jangkauan operasi. Seperti kendaraan bawah air tak berawak, robot ini menggunakan suite komputer onboard untuk navigasi, pengolahan sensor, dan komunikasi.

Sumber : mashable


Leave a Reply

 
Copyright © 2009-2015 Yayasan UMBOH

Credit to dhetemplate and SMK TI Bulukumba