Rabu, 23 Maret 2011

Celah keamanan pada system SCADA

0 komentar

Apa itu SCADA
SCADA (kependekan dari Supervisory Control And Data Acquisition) adalah sistem kendali industri berbasis komputer yang dipakai untuk pengontrolan suatu proses, seperti:
  • Proses industri: manufaktur, pabrik, produksi, generator tenaga listrik.
  • Proses infrastruktur: penjernihan air minum dan distribusinya, pengolahan limbah, pipa gas dan minyak, distribusi tenaga listrik, sistem komunikasi yang kompleks, sistem peringatan dini dan sirine
  • Proses fasilitas: gedung, bandara, pelabuhan, stasiun ruang angkasa.
Beberapa contoh lain dari sistem SCADA ini banyak dijumpai di lapangan produksi minyak dan gas (Upstream), Jaringan Listrik Tegangan Tinggi dan Tegangan Menengah (Power Transmission and Distribution) dan beberapa aplikasi yang dipakai untuk memonitor dan mengontrol areal produksi yang cukup luas.

Pengertian Vulnerability
Dalam teknologi komputer  pengertian Vulnerability adalah Sebuah cacat atau kelemahan dalam desain sistem, implementasi, atau operasi dan manajemen pada sistem, jaringan, aplikasi, atau protokol komputer yang dapat dimanfaatkan untuk melanggar kebijakan keamanan sistem

System SCADA Beresiko
US (United State) memperingatkan bahwa system SCADA terdapat kerentanan yang memanfaatkan celah keamanan windows sehingga memungkinkan terjadinya sabotase atau pencurian data-data penting. system SCADA biasanya diterapkan  untuk mengontrol dan memonitor pembangkit tenaga listrik ataupun indrustri-industri Nuklir menjadi sangat rentan di serang. 
Akhir-akhir ini berita tentang Stuxnet yaitu sebuah Program yang sangat canggih. Dibuat dengan kode yang begitu kompleks serta mampu mengeksploitasi beberapa celah Windows sekaligus dengan target serangan yang ditujukan pada skala besar/industri. 
Banyak kalangan menduga program  Stuxnet ini memang sengaja didesain untuk menyerang pembangkit tenaga nuklir serta uranium centrifuges (mesin pemisah isotop) pada instalasi nuklir yang dibuat oleh sekolompok Hacker dengan dukungan teknologi dan dana yang besar dari negara-negara tertentu yang tujuannya untuk mengahancurkan proyek-proyek Nuklir.

Leave a Reply

 
Copyright © 2009-2015 Yayasan UMBOH

Credit to dhetemplate and SMK TI Bulukumba