Jumat, 16 Desember 2011

Teknologi Perang Canggih Masa depan DARPA

0 komentar
DARPA, Defense Advanced Research Projects Agency US mendanai beberapa penelitian dunia untuk Teknologi Perang tercanggih masa depan.
Sama seperti dalam film James Bond 007 terdapat agen Q yang membantu memciptakan peralatan canggih seperti pulpen yang bisa meledak, DARPA terus-menerus bekerja, dan mengadalan penelitian disebutnya sebagai "inovasi radikal"

Selama kurun waktu 5 tahun, sudah beberapa produk canggih mereka hasilkan antara lain; robot burung unta, mobil dan pesawat terbang yang bisa tinggal di udara selama lima tahun pada suatu waktu, serta berapa peralatan perang yang mungkin lebih cocok ke Fiksi Ilmiah.

Kenyamanan berinternet yang kita rasakan sekarang ini pun berkat Inovasi dan Penelitian dari Proyek DARPA - Ingat Sejarah Internet Dunia ?

Berikut ini adalah beberapa Proyek DARPA yang sudah dikembangkan ataupun masih dalam proses,

The Disc-Rotor
Disc-Rotor merupakan kolaborasi antara DARPA dan Boeing. Berharap untuk menggabungkan fitur terbaik dari sebuah helikopter dan pesawat, program-Disc Rotor bertujuan untuk mengembangkan pesawat jenis baru yang mampu dengan mulus melakuan transisi dari melayang-layang seperti helikopter dan terbang seperti pesawat.

Dengan design seperti ini Disk-Rotor dengan mudah lepas landas ataupun mendarat dimana saja karena baling-baling penggerak seperti helikopter selain itu juga pisau baling-baling dapat dengan mudah dimasukan kembali kebagian disk (lingkaran bagian atas pesawat) sehingga disk-rotor berfungsi layaknya sebuah pesawat dengan menggunakan mesin pendorong dibawah sayapnya.

Vulture 

DARPA mengembangkan sebuah proyek yang dinamakan vulture atau Burung Bangkai, sebuah "airborne payload" untuk tetap di langit selama lebih dari lima tahun, melakukan misi intelijen, pengawasan dan komunikasi. Dalam prakteknya, itu berarti mengembangkan pesawat tak berawak yang bertindak seperti satelit.

Dalam proyek ini darpa berkerja sama dengan Boeing menciptakan "SolarEagle" yang bertenaga surya, berawak dengan rentang sayap 120 meter. SolarEagle dirancang untuk beroperasi pada ketinggian di atas 18.000 meter.

ChemBots

Perusahaan teknologi iRobot bekerja dengan DARPA pada program "ChemBots". Tujuannya adalah untuk membangun sebuah robot yang lembut dan fleksibel yang dapat mengubah tubuhnya  untuk bergerak melalui celah kecil bahkan lebih kecil daripada diri mereka sendiri (misalnya di bawah pintu) untuk melaksanakan tugas-tugas rahasia.

LANdroids (droid Local Area Network)


DARPA juga mendanai penelitian iRobot pada program LANdroids nya. Tujuannya adalah untuk komunikasi tentara  yang dapat diandalkan di daerah perkotaan dengan menciptakan robot berukuran saku sehingga mereka bisa disebar pada suatu daerah. Masing-masing Robot akan bertindak sebagai node dalam jaringan komunikasi nirkabel.

Menurut iRobot, yang LANdroid itu diciptakan beratnya sekitar satu pon, sangat mobile dan menggunakan mekanisme sirip untuk meluruskan diri dan memanjat hambatan dan dapat digunakan untuk menyelidiki  tempat-tempat  yang sulit diakses seperti terowongan dan parit atau selokan.

Falcon 2 (HTV-2)


Tujuan utama dari Teknologi Kendaraan Hipersonik Falcon 2 (HTV-2) program ini adalah untuk menciptakan kendaraan yang bisa terbang di mana saja di dunia dalam waktu kurang dari satu jam - dan mampu bertahan pada suhu lebih dari 1.925 C.


DARPA telah diproduksi dan dicoba terbangkan. HTV-2 bergerak dengan kecepatan Mach 20 (sekitar 13.000 mil per jam). Pada kecepatan itu penerbangan antara New York City dan Los Angeles akan memakan waktu kurang dari 12 menit.

HTV-2 melakukan penerbangan perdananya pada April 2010, namun jatuh ke Pasifik setelah hanya sembilan menit dan penerbangan kedua, pada bulan Agustus 2011 dengan waktu yang sama.

FastRunner


Ini "Robot burung unta," disebut FastRunner, merupakan proyek bersama antara DARPA, MIT dan Institut Florida untuk Kognisi Manusia dan Mesin (IHMC).

Hal ini bertujuan untuk membangun sebuah robot berkaki dua yang dapat melintsi medan cukup kasar dan dapat berlari secepat pelari manusia.

Sebuah Robot yang bisa berlari  dari nol ke 20 mil per jam dalam waktu 15 detik, dengan kecepatan tertinggi 27 mph dimana pelari Olimpiade hanya 400 meter berlari sekitar 20,5 mph.

Kenapa burung unta? Karena itu binatang berkaki dua tercepat di darat, ujar Sebastien Cotton, seorang ilmuwan penelitian dengan IHMC tersebut.

"Semua inspirasi berasal dari burung unta jadi kami menghabiskan banyak waktu mempelajari burung unta dan mencoba untuk mencari tahu mana gerakan yang penting untuk gerak," kata Cotton dan Tim berencana untuk membangun dan menguji robot pada tahun 2012 nanti.

Phoenix

Program Phoenix adalah mencoba menemukan cara untuk menghapus dan menggunakan kembali komponen berharga yang rusak atau  satelit - satelit yang "pensiun" atau tidak digunakan. jadi pada dasarnya pada dasarnya, Program Phoenix  sebuah daur ulang sampah antariksa.

Tapi sebelum itu bisa menjadi kenyataan mereka harus mengembangkan robotika baru dan sistem pencitraan jarak jauh, dan desain alat untuk bergulat pegangan, memotong, dan memodifikasi bagian-bagian satelit.

Shrike


DARPA telah mendanai pengembangan perusahaan kedirgantaraan AeroVironment untuk program pengembangan Shrike
Dimaksudkan untuk digunakan dalam pengawasan militer, Shrike memiliki empat rotor dan dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi yang mentransmisikan video real-time. Hal ini dapat melayang-layang di tempat selama 40 menit dan juga dapat turun ke tanah, atau "bertengger," di lokasi  berlainan dan mengirimkan video dari tempatnya bertengger selama beberapa jam. Setelah selesai merekam, Shrike lepas landas secara vertikal dan terbang kembali ke markas.


Transformer


Program Transformer bertujuan untuk membangun sebuah mobil terbang untuk medan perang.
Tujuannya adalah untuk menciptakan sebuah kendaraan lepas landas dan pendaratan vertikal yang dapat membawa empat orang lebih dari 250 mil di salah satu tangki bahan bakar.
Enam kontraktor yang bekerja pada proyek, termasuk Lockheed Martin, AAI Corp dan Carnegie Mellon University (CMU).

Cognitive Technology Threat Warning System (CT2WS)


Sistem Peringatan Ancaman Teknologi Kognitif adalah mengembangkan teropong yang dapat mengidentifikasi ancaman dari jarak jauh dan kemudian menginformasikan kepada prajurit adanya bahaya.

Nano Air Vehicle (NAB)

Program Nano Air Vehicle (NAB)  adalah mengembangkan, kendaraan udara kecil ultra-ringan  untuk misi militer indoor dan outdoor. Program ini telah menghasilkan sebuah prototipe robot burung yang mengesankan, lengkap dengan cepat mengepakkan sayap yang melayang-layang dan terbang.

Leave a Reply

 
Copyright © 2009-2015 Yayasan UMBOH

Credit to dhetemplate and SMK TI Bulukumba