Kamis, 28 Juni 2012

TOT Pendataan Sekolah Berbasis TIK Dikmen

0 komentar
TOT Pendataan Online dikmen

Kegiatan Training of Trainers (TOT) Paket Aplikasi Sekolah (PAS) SMA dan Sistem Pendataan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah tahun 2012 merupakan sebuah program untuk melatih calon instruktur PAS Center dalam rangka pembekalan dan sosialisasi Pendataan berbasis ICT Based School Management di sekolah-sekolah menengah yang bertempat di Hotel The Empire Empire Palace, Jalan Baluran No 57-75, Surabaya, yang diikuti oleh  perwakilan Guru TI dari 245 sekolah yang diundang dan terbagi atas 2 angkatan yaitu ;
  • Angkatan 1 pada tanggal 18-22 Juli 2012
  • Angkatan 2 pada tanggal 22-26 Juli 2012
Tujuan dari kegiatan ini antara lain, untuk melatih calon Instruktur PAS Center dan ICT Center pendataan sekolah berbasis ICT Base School Management sehingga dapat didesimilasikan di  daerah masing masing guna pengumpulan data yang valid agar dapat dipergunakan sebagai perencanaan, monitoring dan evaluasi penyelenggaraan sekolah serta kebijakan pendidikan sehingga tidak membebani sekolah dalam melakukan pendataan berulang-ulang yang dilakukan sekali dalam setahun.

Selama dalam masa kegiatan pelatihan TOT sistem pendataan online peserta dibekali dengan materi-materi yang terdiri atas :
  1. Penjelasan Kebijakan Pendataan Ditjen Dikmen
  2. Penjelasan Sistem Pendataan Sekolah berbasis TIK (ICT Base School Management)
  3. Materi Instalasi PAS SMA, hingga Bimbingan teknis entri data-data sekolah
  4. Bimbingan teknisoperasional layanan SMS gateway
  5. Serta sinkronisasi Data PAS ke server Ditjen Dikmen
Menurut Budi Permana dalam pembukaan  kegiatan pelatihan menyatakan bahwa kedepan sekolah-sekolah seluruh indonesia akan terdata dalam sistem pendataan Dikmen yang data tersebut dipergunakan oleh Ditjen Dikmen untuk perencanaan, monitoring dan evaluasi penyelenggaraan sekolah serta kebijakan - kebijakan pendidikan seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Ujian Nasional, sehingga sekolah tidak lagi mengirimkan data secara manual dan tumpang tindih karena semua data sekolah sudah ada di Server Dikmen.

Dan untuk memperlancar proses pendataan online kedepan Pendataan Dikmen akan bekerjasama dengan dinas-dinas pendidikan provinsi untuk membuat mirror server untuk melayani sekolah-sekolah dan menjaga kemungkinan jika server utama down maka masih ada sumberdaya lain yang bisa membantu melayani.

Seluruh sekolah yang  telah terdata pada saat kegiatan pendataan dapat dilihat di website Sisfo Pendataan Dikmen dengan alamat http://pendataan.dikmen.kemdikbud.go.id walaupn ada sebagian sekolah yang telah menerapkan PAS di sekolahnya tanpa mengikuti kegiatan TOT telah melakukan sinkronisasi secara mandiri dengan menggunakan aplikasi SI Integrator yang dapat di download di situs resmi Sisfo Pendataan Dikmen.

Harapan kami, semoga dengan adanya Sistem Pendataan Sekolah berbasis TIK oleh Ditjen Dikmen Pendidikan di Indonesia semakin berkembang.
Read more...
Kamis, 21 Juni 2012

Tools Mengatur kode HTML dan Javascript

0 komentar
tools javascript

Tools ini dinamakan Beautify oleh pembuatnya yang berfugsi untuk unpack atau deobfuscate kode JavaScript dan HTML, serta membuat JSON/JSONP mudah dibaca.
Semua kode sumber dari script ini bersifat gratis dan terbuka / Open Source, yang dapat anda download dan kembangkan sendiri di github under MIT licence,

Cara Penggunaan

  • Klik Tombol RESET
  • Copy Kode Javascript atau HTML anda
  • dan Klik Tombol ATUR 




HTML <style>, <script> formatting:




Sumber :
jsbeautifier.org

Anda mungkin juga tertarik dengan javascript ? coba tools kami yang lain tentang :
Semoga Bermanfaat, Terima kasih
Read more...
Minggu, 17 Juni 2012

Onno W Purbo | Bapak TIK Indonesia

2 komentar
Onno W Purbo - Bapak TIK Indonesia

Onno Widodo Purbo (lahir di Bandung 17 Agustus 1962) adalah seorang tokoh (yang kemudian lebih dikenal sebagai pakar di bidang) teknologi informasi asal Indonesia. Ayah Onno,Hasan Poerbo, adalah seorang profesor di ITB bidang lingkungan hidup yang banyak memihak pada rakyat kecil. Onno masuk ITB pada jurusan Teknik Elektro angkatan 1981. Enam tahun kemudian Onno lulus dengan predikat wisudawan terbaik. Setelah itu Onno melanjutkan studi ke Kanada dengan beasiswa dari PAU-ME.

RT/RW-Net adalah salah satu dari sekian banyak gagasan yang Onno lontarkan yang mengukir Sejarah Internet Indonesia. Ia juga aktif menulis dalam bidang teknologi informasi di berbagai media, seminar, konferensi nasional maupun internasional terutama untuk memberdayakan masyarakat Indonesia menuju masyarakat berbasis pengetahuan. Lebih dari 161 kota besar di 33 negara di kunjungi dalam perjalanan hidup-nya. Onno percaya filosofy copyleft, banyak tulisannya dipublikasi secara gratis di internet.

Riwayat pendidikan

  • 1987 S1 Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan Teknik Elektro. Judul skripsi "Perancangan dan implementasi rangkaian RS232C 8 kanal & program untuk praktikum" di bawah bimbingan Prof. DR. Samaun Samadikun dan DR. Adang Suwandi
  • 1989 S2 (M.Eng) McMaster University, Kanada – Semikonduktor Laser. Judul tesis "Numerical models for degenerate and heterostructure semiconductor diodes" di bawah bimbingan Prof. DR. D.T.Cassidy[5] dan Prof. DR. S.H. Chisholm.
  • 1993 S3 (Ph.D) Universitas Waterloo, Kanada – Teknologi Rangkaian Terintegrasi untuk Satelit. Judul tesis "Studies on Polysilicon Emitter Transistors made on Zone-Melting-Recrystallized Silicon-on-Insulator" di bawah bimbingan Prof. DR. C.R. Selvakumar.
Penghargaan

Menerima beberapa penghargaan / pengakuan tingkat nasional dan internasional, seperti
  • 1987, Lulusan Terbaik, Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung.
  • 1992, Masuk dalam buku "American Men and Women of Science", R.R.Bowker, New York (Amerika Serikat).
  • 1994, Profil Peneliti, KOMPAS 26 Desember 1994.
  • 1996, Menerima "Adhicipta Rekayasa", dari Persatuan Insinyur Indonesia.
  • 1997, Menerima “ASEAN Outstanding Engineering Achievement Award”, dari ASEAN Federation of Engineering Organization (AFEO)
  • 2000, Masuk dalam buku "Indonesia Abad XXI: Di Tengah Kepungan Perubahan Global", Editor Ninok Leksono, KOMPAS.
  • 2000, Award for Indonesian Internet Figure, KADIN Telematika Award.
  • 2002, Eisenhower Fellow, dari Eisenhower Fellowship (Amerika Serikat).
  • 2003, Sabbatical Award, dari International Development Research Center (IDRC) (Kanada).
  • 2005, Ashoka Senior Fellow, dari Ashoka (Amerika Serikat).
  • 2008, Menerima "Gadget Award Exclusive Appreciation", dari Majalah Gadget.
  • 2008, Menerima "IGOS Summit 2 Award", dari MENKOMINFO "Atas Semangat dan Perjuangan menyebarluaskan pemanfaatan Open Source di Indonesia".
  • 2008, Masuk dalam buku "Indonesia 100 Innovators", Business Innovation Center.
  • 2008, Menerima Gelar " Pahlawan Generasi Masa Kini" dari Modernisator.
  • 2009, Indigo Fellow: Digital Community Fellow, dari PT. Telekomunikasi Indonesia.
  • 2009, Anugrah "TIRTO ADHI SOERJO" kategori Pelopor / Pemulai, dari [I:BOEKOE] http://indonesiabuku.com/
  • 2009, Anugrah "Competency Award 2009" dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
  • 2010, Anugrah "Tasrif Award" dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI)

Profil  internet

Facebook http://www.facebook.com/onno.w.purbo
Twitter @onnowpurbo

Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Onno_W._Purbo
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Onno_W._Purbo
Read more...

Henry Setiawan | Putra Indonesia di Microsoft

0 komentar
Tokoh TIK - Henri Setiawan

Bagi sebagian orang, berprestasi dan berkarir di luar negeri itu glamor, mengejar penghasilan juga prestise. Karena itulah, tidak sedikit para ekspatriat Indonesia yang memilih bekerja di negeri orang.

Fenomena ini juga yang membuat pemerintah khawatir dengan jumlah orang pintar Indonesia yang semakin banyak, tetapi selalu direkrut negara-negara lain. Jumlahnya bertebaran.

Henry Setiawan, satu dari ratusan orang pintar Indonesia yang kini menjadi bagian dalam pengembangan produk Microsoft, di salah satu produk besutan perusahaan raksasa perangkat lunak, Bing.

Henry Setiawan yang asli kelahiran Sukabumi, Jawa Barat, 33 tahun lalu itu, sebelum bergabung di Bing, ia kerap menjadi bagian di Messenger Server.

Bagi Henry, biar bagaimana pun, dan selama apa pun, bekerja di luar negeri, ia tetap bangga menjadi orang Indonesia, meskipun, tempat ia bekerja 70 persen dikuasai orang China dan India.

“Ketika di luar negeri, saya bangga sebagai orang Indonesia yang punya andil besar di Microsoft,” ujar Henry saat menjawab pertanyaan Okezone, beberapa waktu lalu.

Alasan itulah yang membuat pria bergelar PhD untuk Computer Science di University of Technology Sydney, Australia ini, selalu ingin kembali ke Tanah Air dan berkomunikasi dengan banyak orang Indonesia, dan satu hal yang terpenting adalah berkontribusi bagi anak-anak di Indonesia, khususnya di bidang teknologi.

"Saya sangat ingin sekali terus berada di Indonesia, dan bisa memberikan masukan ke anak-anak Indonesia," tuturnya.

Posisi di Microsoft

Pria yang mengagumi Bill Gates (pendiri Mocrosoft) lantaran  menganggap sebagai sosok yang visioner ini, berharap suatu saat banyak anak Indonesia yang bergabung dengan perusahaan berlokasi di Redmond, Amerika Serikat.

Ia sekarang ini menduduki posisi Senior Software Design Engineer, menjadi bagian dari pengembangan Bing. Pria dua anak ini juga sesekali menjadi mentor ke junior untuk sharing pengetahuan.

Menyoroti kemampuan anak-anak Indonesia, ia melihat tidak kalah hebatnya, terlebih di bidang teknis. Namun yang menjadi sorotan Henry, banyak anak muda yang bekerja tanpa passion, improve dan mau mengembangkan kemampuan.

Putra dari pasangan Jan Setiawan dengan Ine Setiawan ini juga mengungkapkan, bekerja di luar negeri itu, memang dituntut untuk bisa mencari masalah dan membuat peluang. "Dan menjadi bagian dari pengembangan produk Microsoft merupakan pengalaman yang luar biasa," urai  pria yang pernah juga mengenyam pendidikan di Singapura  mengambil Computer Enginering ini.

Bagaimana Masuk Microsoft

Lalu, bagaiman pria pendengar lagu David Foster ini sukses berkarir di Microsoft. Menurutnya, momentum datang ketika ia melanjutkan sekolah di Australia, pada 2006.

Ketika itu Microsoft membuka lowongan pekerjaan dan Henry pun mencoba, setelah mengikuti serangkaian tahapan serta proses wawancara selama enam jam, hingga akhirnya diterima, dan ia pun diboyong ke Redmond, Amerika Serikat (AS).

"Ada beberapa tahapan dan wawancara yang memakan waktu enam jam. Puji syukur saya diterima," ungkap Henry yang mengaku pernah menjadi loper koran di Australia.


Sumber :
OkeZone | Cerita Orang Sukabumi Sukses "Unjuk Gigi" di Microsoft - Sabtu, 9 Juni 2012
Read more...
Sabtu, 16 Juni 2012

Pasang Radio Pembelajaran di Blog

0 komentar
Radio Edukasi

Suara Edukasi AM 1440 Khz


Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (PUSTEKKOM), Kementerian Pendidikan Nasional memiliki tugas dan fungsi untuk mengembangkan, membina, dan mengevaluasi kegiatan di bidang teknologi pendidikan dan pendayagunaan TIK untuk pendidikan. Model pembelajaran dengan Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, telah dikembangkan sejak awal berdirinya Pustekkom dengan memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi, salah satunya Siaran Radio Pendidikan.

Siaran Radio Pendidikan dengan nama suara edukasi, telah diselenggarakan Pustekkom sejak bulan Januari 2009. Siaran Suara Edukasi diselenggarakan untuk menjadi sebuah siaran radio yang dapat dijadikan sebagai media alternatif sumber belajar, dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Nasional.
Suara edukasi sebagai sebuah media massa “radio” sudah semestinya, mempunyai sebuah profil, sebagai sebuah identitas. Dimana profil sebuah stasiun radio ini meliputi beberapa hal diantaranya, segmentasi, positioning, tagline, dan lain-lain. Profil akan menjadi jati diri atau indentitas, cerminan karakter sebuah stasiun radio, yang membedakan dengan stasiun radio lain.

Visi

Menjadi spirit dan inspirasi dalam mencerdaskan bangsa.

Misi

Mendukung peningkatan mutu pendidikan nasional dalam mencerdaskan dan memberi suri tauladan serta menyebarkan informasi dan kebijakan pendidikan dalam rangka mendukung pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan.

Tujuan

Memberikan layanan siaran radio edukatif yang dapat menunjang tujuan pendidikan nasional.

Gagasan

Untuk melengkapi/ memenuhi kebutuhan media pendidikan dengan sasaran TK, SD, PLS dan Guru yang selama ini belum tersentuh media apapun.

Filosofi

Radio merupakan media pendidikan yang mudah diakses, murah, dan fleksibel, jangkauannya lebih luas, bisa didengarkan dimana saja, sehingga cocok untuk menjadi media pendidikan.

Fungsi

  • Memberi layanan siaran edukatif yang dapat menunjang tujuan pendidikan nasional.
  • Sebagai bentuk penyiaran publik yang tidak hanya memberikan materi pembelajaran dan informasi pendidikan, juga menjadi sarana informasi yang mendidik dan mencerdaskan.

Manfaat

Selain menyajikan siaran-siaran yang bersifat pembelajaran/instruksional; Radio Edukasi memberikan siaran yang menghibur, bisa didengarkan dimana saja, mendidik dan mencerdaskan.

Format Station : Pendidikan, Informasi, dan Hiburan

Komposisi Program Siaran

  • Pendidikan : 60 %
  • Informasi : 10 %
  • Hiburan : 10 %
  • Budaya : 10 %
  • ILM : 10 %

Sasaran

  • Sasaran Khusus
    • Peserta didik dari usia 4 s.d. 12 tahun, 
    • orang tua didik
    • Pendidikan Luar Sekolah
    • Guru
  • Sasaran Umum
    • Komunitas Pendidikan
    • Masyarakat Umum
Cara Pasang / Install Radio Suara Edukasi
Copy kode dibawah ini dan paste di blog anda




Sumber :
http://suaraedukasi.kemdikbud.go.id/
Read more...

Belajar Online dengan TV Edukasi

0 komentar
TVE (Televisi Edukasi) adalah sebuah stasiun televisi di Indonesia. Stasiun televisi ini khusus ditujukan untuk menyebarkan informasi di bidang pendidikan dan berfungsi sebagai media pembelajaran masyarakat.
Televisi Edukasi adalah Televisi Pemerintah di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bertempat di PUSTEKKOM Kemdikbud dengan situs resminya yaitu http://tve.kemdikbud.go.id/.

Program pendidikan jarak jauh melalui siaran TV Edukasi ini sangat baik bagi masyarakat di Indonesia, terutama daerah-daerah pinggiran dan terpencil yang tidak mampu dijangkau oleh layanan pendidikan secara konvensional. Dengan kemampuan jangkauan dan kemudahan untuk mengaksesnya, memungkinkan program pendidikan jarak jauh melalui televisi pendidikan menjadi penunjang untuk meningkatkan mutu dan memperluas akses kesempatan belajar bagi seluruh jenis, jalur, dan jenjang pendidikan. 


By Telkom Speedy

Anda juga dapat memasang TV Online ini di blog atau website dengan cara meng copy kode dibawah ini dan paste di postingan blog anda


Kode TV Edukasi
Read more...

Periksa Jawaban Soal Otomatis di Blogspot

2 komentar
Melanjutkan Tutorial kami sebelumnya tentang cara membuat Latihan soal online di blogspot menggunakan google drive, kali ini kami akan menguraikan langkah-langkah melakukan Penilaian Hasil pekerjaan siswa pada soal yang pernah kita buat sebelumnya di Google Drive.

Persiapan

  • Kami menganggap bahwa Peserta Belajar TIK telah membuat latihan soal dan telah di publish di halaman blog peserta. 
  • Jika belum silahkan ikuti langkah-langkah membuat latihan soal di blog menggunakan google drive di tulisan kami sebelumnya dengan merujuk di link ini >. [Link]
  • Login di Google drive dan edit Latihan soal yang telah dibuat
  • kali ini kami telah membuat contoh latihan soal yang dapat dilihat di bawah ini :

Langkah-langkah

  •  Klik See Responses, dan pilih Spreadseet untuk melihat hasil jawaban siswa di Google Spreadseet.
  • Selanjutkan akan terbuka tab baru pada browser yang menampilkan Spreadseet Online dari Google yang tampilannya menyerupai Aplikasi pengolah angka pada desktop
  • Jika pernah ada yang menjawab soal latihan yang kita buat di blog maka hasilnya akan seperti gambar diatas.
    • Tanda Kotak merah (Timestamp) adalah tanggal dan jam pada saat siswa tersebut selesai menjawab latihan soal
    • Tanda Kotak Kuning adalah Pertanyaan yang dibuat sebelumnya dan dan yang hijau adalah form isian teks yang sengaja saya buat untuk merekam nama dan nomor induk siswa yang menjawab soal latihan. (lihat contoh soal latihan diatas)
  • Selanjutnya adalah memasukan fungsi pada Spreadseet untuk melakukan penilaian sebanyak jumlah soal dengan menggunakan fungsi IF dengan logika ; Jika Jawaban siswa sama dengan kunci maka  beri nilai 1, jika tidak maka beri nilai 0
  • Contoh =IF(cell_jawaban_siswa=cel_kunci;1;0)
  • Pada Cell berikutnya kami menuliskan semua kunci jawaban dan fungsi penilaian dan jumlah benar dengan menggunakan fungsi SUM yaitu =SUM(RangeNilai)

  • Selanjutnya peserta belajar TIK tinggal menggandakan rumus tersebut sebanyak jumlah siswa yang menjawab agar siswa otomatis mendapatkan nilai saat menjawab Soal Latihan yang kita posting di Blog.
Artikel yang berkaitan dengan Postingan ini :
  1. Membuat Quiz / Test Online di Blogspot menggunakan Google Drive
  2. Materi TIK SMA Kelas XI Semester 2
  3. Spreadsheet
  4. Fungsi Logika
Jika anda tertarik mempelajari lebih jau tentang Pembelajaran online Anda dapat juga membaca postingan kami  tentang Membuat Website Sekolah yang didalamnya terdapat Atifitas Pembelajaran Online Menggunakan Moodle, atau cara membuat latihan soal di blogspot menggunakan html dan javascript

Terima kasih ! Semoga Bermanfaat,
Read more...
Kamis, 07 Juni 2012

Buku TIK SMP Kelas IX - Teknologi Informasi dan Komunikasi

4 komentar

BUKU TIK

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Untuk SMP / MTS Kelas IX

Semester 1 dan 2


Penulis
Tuti Hartati
Sussi

Ilustrator
Tim Redaksi

Desain Cover
Iwan Dharmawan

Ukuran Buku
1,6 x 25 cm

Halaman 
162 Halaman

ISBN 
978-979-095-173-0


Baca Online


Lihat Koleksi Buku TIK SMP yang lain
Read more...

Permohonan Maaf

0 komentar

MOHON MAAF !!

HALAMAN YANG ANDA CARI DALAM PROSES PENGERJAAN

Kami akan memperbaiki secepatnya untu sementara, cobalah gunakan Fasilitas Pencarian / Search disudut kanan Situs Belajar TIK dengan kata kunci yang lebih tepat, atau dengan melihat daftar isi seluruh postingan Belajar TIK di Link ini - DAFTAR ISI

TERIMA KASIH
Read more...

Tools Encode Halaman HTML

0 komentar


Tools Halaman HTML Encoder

Jika posting sebelumnya kita hanya melakukan encode pada javascript, untuk tools kali ini Peserta Belajar TIK dapat melakukan encoding seluruh halaman html dan tentunya termasuk kode javascript jika di dalam html mengandung javascript.
Fungsi dari encoding ini adalah hanya untuk menyembuyikan kode asli sehingga kelihatan sulit terbaca oleh sebagian orang yang ingin mencoba melihat source code atau kode sumber dari halaman web atau blog anda sehingga kelihatan lebih aman dari biasanya.
Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Copy dan paste souce kode HTML anda di kotak isian dibawah ini.
  2. Contoh source code html seperti dikotak isian
  3. Pilih kode kunci / key code yang anda inginkan.
  4. Klik Tombol Encode untuk melakukan encoding
  5. Lihat hasil di kotak isian kedua hasil encoding Source Code HTML anda
  6. Klik Tombol Select All dan copy hasil HTML Encoding anda
  7. Paste hasil HTML Encoding di halaman web anda







Code Key:






Jangan menambahkan baris baru pada script hasil decoding dengan menekan tombol ENTER karena script hasil decoding tidak akan berfungsi dengan baik .





Select All...
 




Semoga Bermanfaat !
Anda mungkin juga tertarik Mencoba Tools kami yang lain, yaitu :
Read more...
Rabu, 06 Juni 2012

Tools Javascript Encoder

0 komentar

Javascript Encoder




Peserta Belajar TIK yang budiman, kali ini kami akan membagikan tools Javascript Encoder untuk membantu para peserta melakukan encode javascript anda sehingga menjadi lebih sulit dibaca untuk sebagian orang. Cukup dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini maka javascript yang tersimpan di blog atau situs peserta akan lebih aman dibanding dari biasanya.
Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Copy dan paste Javascript anda di kotak isian dibawah ini.
  2. Pilih Kode Kunci yang anda inginkan.
  3. Klik tombol Encode.










Code Key:






Jangan menambahkan baris baru  pada script dibawah ini dengan cara menekan tombol ENTER karena script hasil decoding tidak akan berfungsi dengan baik.


Select All...
 




Semoga Bermanfaat !
Untuk menyembunyikan seluruh kode HTML ada dapat menggunakan Tools HTML Encoder,
atau anda mungkin juga tertarik mencoba Tools kami yang lain, yaitu :
Read more...

Cara Membuat Latihan Soal di Blogspot Menggunakan HTML dan Javascript

5 komentar

Peserta Belajar TIK yang budiman, terima kasih karena masih setia bersama kami mengikuti update-update terbaru tentang tips-trik pembelajaran berbasis ICT, dan untuk kali ini kami akan mencoba berbagi pengetahuan untuk para guru yang memanfaatkan fasilitas blogspot sebagai media pembelajaran interaktif dalam proses mengajar dengan menambahkan fitur latihan soal di blogspot menggunakan JavaScript.

Di internet banyak sekali software ataupun situs yang membahas tentang membuat soal, test, quiz online. bahkan kami sebelumnya juga perna membagi tips dan trik membuat quiz / test online menggunakan fasilitas google drive yang dapat anda baca di Link ini.

Berikut ini adalah script Membuat Latihan Soal  Online menggunakan HTML dan JavaScript yang dapat anda copy dan paste di blog dan menyesuaikan dengan mata pelajaran yang di ajarkan.

Script

Petunjuk :
  1. Baris ke 19 s/a 28 adalah jawaban benar. (masih nampak source code jawaban coba di enkripsi pake tools ini )
  2. Baris ke 57 adalah alamat URL Soal Berikutnya. anda dapat merubahnya dengan alamat URL selanjutnya
  3. Baris ke 71 s/d 120 adalah nomor soal dan opsi 
Hasil dari script diatasnya akan nampak seperti demo dibawah ini :

Tes Belajar TIK
Petunjuk: Jumlah poin untuk lanjut ke sesi berikut adalah 7 poin


1. Contoh soal nomor 1?
Contoh Jawaban A
Contoh Jawaban B
Contoh Jawaban C
Contoh Jawaban D
2. Contoh soal nomor 2?
Contoh Jawaban A
Contoh Jawaban B
Contoh Jawaban C
Contoh Jawaban D
3. Contoh soal nomor 3?
Contoh Jawaban A
Contoh Jawaban B
Contoh Jawaban C
Contoh Jawaban D
4. Contoh soal nomor 4?
Contoh Jawaban A
Contoh Jawaban B
Contoh Jawaban C
Contoh Jawaban D
5. Contoh soal nomor 5?
Contoh Jawaban A
Contoh Jawaban B
Contoh Jawaban C
Contoh Jawaban D
6. Contoh soal nomor 6?
Contoh Jawaban A
Contoh Jawaban B
Contoh Jawaban C
Contoh Jawaban D
7. Contoh soal nomor 7?
Contoh Jawaban A
Contoh Jawaban B
Contoh Jawaban C
Contoh Jawaban D
8. Contoh soal nomor 8?
Contoh Jawaban A
Contoh Jawaban B
Contoh Jawaban C
Contoh Jawaban D
9. Contoh soal nomor 9?
Contoh Jawaban A
Contoh Jawaban B
Contoh Jawaban C
Contoh Jawaban D
10. Contoh soal nomor 10?
Contoh Jawaban A
Contoh Jawaban B
Contoh Jawaban C
Contoh Jawaban D





Nantikan tutorial kami selanjutnya tentang :

Cara membuat Countdown / hitungan mundur proses menjawab soal latihan menggunakan html dan javascript di blogspot.

Terima Kasih Semoga Bermanfaat,
Read more...

Buku TIK SMP Kelas VIII - Mari Belajar Teknologi Informasi & Komunikasi

0 komentar

Mari Belajar

Teknologi Informasi dan Komunikasi

untuk SMP-MTs Kelas VIII


Mari Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMP-MTs Kelas VIII

Penulis
Iwan D. Santoso
Editor
Gatut Purwantoro
Setting 
M. Sharifudin
Dokumentasi Foto 
Tri Edie M.
Perancang Sampul 
G. Purwantoro
Ukuran Buku 
17,6 x 25 cm

Hak Cipta Buku ini dialihkan Kepada Kementerian Pendidikan Nasional
dari Penerbit Surabaya Intelectual

Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010

Baca Buku Online
Sumber :

Buku Sekolah Elektronik (BSE)


Buku TIK yang lain dapat anda temukan dengan mudah menggunakan daftar isi kumpulan buku TIK SMP / MTS di tautan berikut ini
Kumpulan Buku TIK SMP / MTS
Read more...

Kumpulan Buku TIK SMP

3 komentar


Daftar Isi Buku 

TIK SMP / MTS 

Kelas VII

Tabel dibawah ini adalah kumpulan Buku-Buku Teknologi Informasi dan komunikasi untuk Sekolah Mengah Pertama (SMP) Terupdate

Index Of
Gunakan FILTER DAFTAR ISI Untuk memilih berdasarkan Tabel atau tanggal.
Klik Disini

Read more...

Buku TIK SMP Kelas VII - Dunia Teknologi Informasi & Komunikasi

5 komentar


Dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi

Untuk SMP/MTs kelas VII


Buku TIK SMP / MTS Kelas VII - Dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi


Penulis
  • Kismiantini
  • Rina Dyah Rahmawati
  • Evi Rine Hartuti
Penerbit
Diterbitkan Oleh Pusat Perbukuan
Kementerian Pendidikan Nasional
Tahun 2010

Ukuran Buku
17,6 x 25 cm

Jumlah halaman
196 Halaman

DAFTAR ISI


Kata Sambutan
Ada Apa di buku Dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi yang Akan Dicapai
Daftar Isi
BAB 1 Berbagai Jenis Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
  1. Peralatan Komunikasi Zaman Dahulu
  2. Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Zaman Modern
BAB 2 Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
  1. Sejarah Perkembangan Teknologi Komunikasi
  2. Sejarah Perkembangan Komputer
BAB 3 Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan
  1. Bidang Pendidikan
  2. Bidang Ekonomi
  3. Bidang Pertanian
  4. Bidang Politik
  5. Bidang Kesehatan
  6. Bidang Pemerintahan
  7. Bidang Kebudayaan
  8. Bidang Tenaga Kerja
BAB 4 Dampak Negatif dari Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
  1. Berbagai Dampak Negatif karena Teknologi Informasi dan Komunikasi
  2. Penanggulangan Dampak Negatif
BAB 5 Mengoperasikan Komputer dengan Prosedur yang Benar
  1. Pengaturan Posisi Perangkat Komputer dan Penggunaannya
  2. Mengaktifkan dan Mematikan Komputer Sesuai Prosedur
BAB 6 Operasi Dasar pada Sistem Operasi
  1. Mengenal Sistem Operasi
  2. Melakukan Operasi Dasar pada Sistem Operasi
BAB 7 Perangkat Keras Komputer
  1. Komponen Pokok Perangkat Keras
  2. Alat Tambahan
BAB 8 Perangkat Lunak Komputer
  1. Pengertian Perangkat Lunak (Software)
  2. Jenis-Jenis Perangkat Lunak
BAB 9 Pemakaian Program Aplikasi Pengolah Kata 
  1. Mengenal Microsoft Word 2007
  2. Membuat Dokumen Baru di Microsoft Word 2007
  3. Mengedit Dokumen Microsoft Word 2007
  4. Menggunakan Menu Insert
  5. Mencetak Dokumen

Soal Akhir Tahun
Glosarium
Indeks
Padanan Istilah
Kunci Jawaban Latihan
Daftar Pustaka


Baca Buku TIK Online


Sumber :


bse.kemdiknas.go.id - Buku Sekolah Elektronik (BSE)

Download

Read more...
Selasa, 05 Juni 2012

Peran Guru dan Orang tua di Facebook

0 komentar
facebook dan orang tua
Jika anda adalah orang tua atau guru, suka tidak suka, mau tidak mau, rela ataupun terpaksa, anda harus mengenal dan memahami apa sebenarnya facebook itu. Hal ini mengingat, walaupun mungkin anda tidak suka, tapi putra-putri anda yang hidup di era informasi sekarang ini pastilah telah menjadi salah seorang penggunanya. Kalaupun belum, suatu saat mereka tetap akan mengenalnya dan turut menggunakannya. Ingat, perkembangan teknologi sebagai bagian dari perkembangan peradaban manusia tidak akan pernah bisa dibendung dan dihindari. Dan pula, rasanya kurang bijak dan tetap tidak akan efektif andaikan anda memberlakukan larangan menggunakan facebook terhadap putra-putri anda, mengingat banyak pula hal baik dan positif yang bisa diperoleh.

Apa itu Facebook ?

Sebagian besar dari anda tentu sudah tidak asing lagi dengan ‘makhluk’ yang disebut facebook ini. Sebuah jejaring sosial gratis terbesar saat ini yang memiliki ratusan juta pengguna di dalamnya yang tersebar di seluruh dunia. Jika anda belum termasuk salah satu pengguna, maka untuk menggunakan Facebook, Anda cukup mendaftar dengan alamat email Anda, nama, jenis kelamin, tanggal lahir, dan password.

Selanjutnya Anda akan diminta mengisi halaman profil yang telah disediakan, tetapi andapun bisa mengabaikannya. Pertanyaan ini dirancang untuk membantu Anda membuat koneksi dengan orang yang Anda kenal – yang disebut “Teman” – serta hal-hal lain yang Anda suka, seperti buku dan film. Anda juga memiliki pilihan untuk meng-upload foto diri Anda. Namun pada kenyataannya, informasi profil ini bisa saja dimanfaatkan pihak-pihak tidak bertanggungjawab untuk melakukan sesuatu kejahatan. Dan inilah yang menjadikannya rentan bagi putra-putri anda. Untuk itu, sebaiknya informasi profil abaikan saja atau jangan diisi dengan benar.

Facebook tidak seharusnya digunakan oleh orang-orang yang berusia di bawah 13 tahun, tapi tentu saja, anak-anak dibawah usia itupun bisa menggunakan facebook jika memasukan tahun lahir yang lebih tua. Dan, alangkah bijaknya jika putra-putri anda jangan dulu diijinkan menggunakan facebook sebelum batasan usia tersebut terpenuhi.

Selain menampilkan informasi profil Anda dan sejenisnya, melalui Facebook Andapun bisa melakukan banyak hal lain, seperti menulis “update status” yang memberitahu orang lain di mana Anda berada dan apa yang Anda lakukan, bermain game, chatting dengan orang lain, mengomentari halaman orang lain (disebut “dinding” mereka), dan banyak lainnya lagi. Anda tidak selalu memerlukan komputer untuk mengakses Facebook, karena andapun bisa meng-update status anda menggunakan HP.

Facebook adalah tempat dimana remaja kita berhubungan

Hampir semua anak remaja menyukai Facebook. Sayangnya, kita sering juga mendengar banyak hal negatif tentang itu. Tentu saja, Facebook bisa menjadi ajang memasang foto seksi, foto remaja mabuk, cyberbullying, dan bahkan pertengkaran yang berujung pada permusuhan hingga ke dunia nyata. Tapi sisi positifnya Facebook juga dapat menjadi sebuah media yang bagus bagi remaja untuk tetap berhubungan dengan teman-temannya dan menampilkan minat mereka, dan bergembira tentunya.

Mengapa hal ini penting ?

Remaja kadang merasa memiliki banyak tekanan sosial, dan dengan menggunakan Facebook secara bertanggung jawab, media tersebut bisa menjadi alat yang berguna dan  menyenangkan bagi remaja untuk tetap berhubungan dengan teman-temannya. Tapi di sisi lain mereka bisa menjadi kejam dan akan menggunakan hal apapun yang mereka miliki untuk menyakiti, mempermalukan, atau melecehkan satu sama lain melalui Facebook tersebut.

Orangtua sudah sering mendengar cerita tentang remaja yang menyalahgunakan Facebook, dan menjadi prihatin bahwa anak-anak mereka bisa terjebak dalam masalah yang berasal dari ‘drama’ di Facebook. Yang penting diketahui orangtua adalah bahwa bukan situsnya yang bermasalah, tetapi cara menggunakannya. Itu sebabnya berbicara dengan remaja Anda tentang perilaku online yang bertanggung jawab adalah sangat penting.

Beberapa Pertanyaan umum untuk Orang Tua dan Pendidik  beserta Solusinya

Orang Tua


Pendidik


Sumber :

www.facebook.com | Informasi untuk Orang Tua dan Pendidik
www.orangtua.org | Memahami Facebook untuk Orang Tua (Bag-1)

Read more...
Senin, 04 Juni 2012

Cara Membuat Website Sekolah dengan Moodle

4 komentar
Dengan Mempelajari  Cara Instalasi Moodle sebagai Website Pembelajaran diharapkan Peserta Belajar TIK mampu membangun sebuah website pembelajaran berbabasis lokal dengan mudah dan dapat dipergunakan sebagai website sekolah, kursus atau sebagai website mata pelajaran tertentu sehingga proses pembelajaran lebih efektif, kreatif, inovatif dan menarik guna meningkatkan mutu pendidikan di indonesia.

Di dunia e-learning Indonesia, Moodle lebih dikenal fungsinya sebagai Course Management System atau "Learning Management System" (LMS). Dengan tampilan seperti halaman web pada umumnya, Moodle memiliki fitur untuk menyajikan kursus (course), dimana pengajar bisa mengunggah materi ajar, soal dan tugas. Murid bisa masuk log ke Moodle kemudian memilih kursus yang disediakan atau di-enroll untuknya. Aktivitas murid di dalam Moodle ini akan terpantau progress dan nilainya. Di Indonesia sendiri, diketahui bahwa Moodle telah dimanfaatkan untuk sekolah menengah, perguruan tinggi dan perusahaan

Melanjutkan tutorial kami sebelumnya tentang Belajar Instalasi Web Server di Windows 7 menggunakan XAMPP 1.7.7 yang di dalamnya sudah terinclude 6 paket yaitu :
  1. Apache 2.2.21
  2. MySQL 5.5.16
  3. PHP 5.3.8
  4. phpMyAdmin 3.4.5
  5. FileZilla FTP Server 0.9.39
  6. Tomcat 7.0.21 (dengan mod_proxy_ajp sebagai konektor)

Alasan kami memilih Moodle sebagai website pembelajaran pada tutorial ini karena sebagai LMS, Moodle memiliki fitur yang tipikal dimiliki LMS pada umumnya ditambah beberapa fitur unggulan seperti, Assignment submission, Forum diskusi, Unduh arsip, Peringkat, Chat, Kalender online, Berita, Kuis / ujian / test online, Wiki yang kesemuanya itu sesuai dengan syarat LMS.

Berikut ini adalah proses instalasi moodle :

Persiapan

  1. Pastikan anda telah menginstall xampp di komputer anda dengan mengikuti langkah-langka di tulisan kami sebelumnya tentang cara instalasi xampp disini
  2. Download Moodle disini
  3. Aktifkan xampp dengan menjalankan Apache sebagai web server dan MySQL untuk databasenya

Langkah-langkah

  • Ekstrak file moodle_latest_xx.zip yang telah peserta belajar tik download tadi di direktori /xampp/htdocs/ lihat gambar
  • Folder hasil extrack adalah moodle dan bisa di rename / diubah sesuai dengan keinginan peserta
Proses Ekstrak moodle ke direktori htdocs
Proses Ekstrak moodle ke direktori htdocs
  • Buka Browser dan masukan URL localhost/nama_folder sebagai contoh contohnya http://localhost/moodle dan akan otomatis melakukan proses instalasi moodle
  • Pilih Bahasa misalnya Indonesia dan klik Selanjutnya
Pemilihan Bahasa pada instalasi Moodle
Pemilihan Bahasa pada instalasi Moodle
  • Selanjutnya adalah pengecekan pendukung instalasi moodle, jika muncul pesan seperti gambar dibawah ini, itu berarti Ekstensi PHP cURL tidak di instal atau tidak di aktifkan.
  • Kita tidak bisa melanjutkan proses instalasi apabila masalah ini tidak diselesaikan.
Masalah Ekstensi PHP cURL di disable saat instalasi moodle
  • Solusi untuk mengatasi masalah Ekstensi PHP cURL di disable atau tidak diaktifkan yaitu dengan mengedit file php.ini di direktori /xampp/php meggunakan aplikasi editor atau bisa juga dengan menggunakan notepad yang secara defaut terinstal di komputer peserta
Lokasi file php.ini
  •  Hapus titik koma pada text ;extension=php_curl.dll (lihat gambar)
Mengaktifkan ekstensi php curl di php.ini
Mengaktifkan ekstensi php curl di php.ini
  • Restart Apache dengan cara mematikan pada direktori apache_stop.bat dan mengaktifkan apache_start.bat 
    • cd /xamp
    • apache_stop.bat
    • apache_start.bat
  • atau pada kontrol panel xampp klik stop kemudian klik start kembali
Restart Apache pada kontrol panel xampp
Restart Apache pada kontrol panel xampp
  • Berikutnya adalah konfirmasi untuk memastikan alamat website, folder moodle dan folder data apakah cocok dengan settingan anda. 
  • Jika cocok dan tidak ada perubahan. klik Selanjutnya untuk melanjutkan proses instalasi
Pengecekan dan konfirmasi alamat website, folder moodle dan folder data moodle
Pengecekan dan konfirmasi alamat website, folder moodle dan folder data moodle
  • Langkah selanjutnya adalah pemilihan database yang digunakan. secara default saat instalasi xampp database yang digunakan adalah MySQL maka otomatis hanya satu database.
  • Pilih improve MySQL
Pemilihan database
Pemilihan database
  • Sebelum peserta melanjutkan ke tahapan selanjutnya ada baiknya kita terlebih dahulu membuat database sebagai basis data moodle. 
  • Kali ini kita menggunakan phpMyAdmin untuk pembuatan database.
  • Pada Tab baru atau jendela baru browser anda, masukan pada address bar http://localhost/phpmyadmin 
  • Jangan tutup / close proses instalasi moodle. 
  • Masukan username dan password MySQL anda dan klik OK
Login phpMyAdmin
Login phpMyAdmin
  • Klik Tombol database dan masukan nama database untuk membuat database baru (liat gambar)
  • Klik create

  • Selesai dengan membuat database, kita kembali melanjutkan proses instalasi moodle,
  • Klik Selanjutnya
  • Proses berikutnya adalah pengaturan database, masukan data database yang telah anda buat sebelumnya
    • Database Host : localhost
    • Database Name : nama database yang dibuat pada phpMyAdmin
    • Database User : root (apabila tidak pernah membuat akun database)
    • Database Password : kosongkan (apabila tidak pernah membuat akun database)
  • Klik Selanjutnya
  • Berikutnya adalah Pengumuman Hak Cipta 
  • Klik Lanjut apabila anda setuju
Pengumuman hak cipta moodle
Pengumuman hak cipta moodle
  • Berikutnya adalah Pengecekan Server dimana terdapat table keterangan dan warna. pastikan semuanya harus baik dengan tanda warna hijau sebelum kita lajutkan ke sesi berikutnya.
  • Dalam proses instalasi Belajar TIK terdapat 3 masalah yaitu Unicode, OpenSSL dan INTL yang pada tutorial ini akan kami tunjukan solusinya
Pengecekan Server instalasi Moodle
Pengecekan Server instalasi Moodle
  • Pertama adalah unicode, keslahan kami saat membuat database di phpMyAdmin tidak memperhatikan pengaturan unicode. Solusinya
    • Tanpa Menutup proses instalasi moodle, buka tab baru pada browser dan login ke phpMyAdmin
    • Pada Penyortiran koneksi MySQL  pilih utf8_unicode_ci atau
    • Klik nama database yang telah kita buat sebelumnya di menu daftar database
    • Klik tab menu Operations dengan icon obeng, 
    • Pada Collation / sortir pilih utf8_unicode_ci
Penyortiran koneksi MySQL
Penyortiran koneksi MySQL
    • Jika perlu restart MySQL nya
    • Selanjutnya kembali ke proses instalasi moodle, refresh browser anda atau dengan menekan tombol keyboard F5
tampilan ketika masalah database unicode berhasil diselesaikan
  •  Masalah berikutnya adalah OpenSSL dan INTL, sousiya adalah :
    • edit php.ini dan tambahkan ekstensi berikut ini (lihat gambar berikut)
      • extension=php_openssl.dll
      • extension=php_intl.dll
    •  simpan / save php.ini
Menambahkan extensi openssl dan intl pada php.ini
    • berikutnya adalah membuat sertifikat OpenSSL dengan cara, buka command prompt dan masuk ke direktori apache dengan cara mengetikan pada konsole
      • cd /xampp/apache
      • makecert.bat
    • langsung membuka file makecert.bat di direktori /xampp/apache/
    • ikuti langkah-langkah pembuatan sertifikat 
      1. Masukan PEM pass phrase : misalanya belajartik
      2. Masukan kembali PEM pass phrase yang diketik sebelumnya. selajutnya masukan data-data peserta seperti kode negara, propinsi dll (lihat gabar berikut)
      3. Ketikan pass phrase untuk pebuatan private key
      4. Tekan Enter di keyboard untuk melanjutkan
    • Cari file dengan kata kunci icu****.dll dengan menggunakan fasilitas search pada direktori /xampp/php/ dan copykan semua file tersebut ke direktori /xampp/apache/bin/
    • Restart apache dan refresh browser instalasi moodle klik lanjutkan. Masalah Selesai !!
  • Tunggu sampai muncul tombol LANJUT dengan menggeser horisontal scrollbar kebawah, proses ini memakan waktu agak sedikit lama.
  • Klik Lanjut
  • Pada langkah selanjutnya adalah melengkapi data administrator situs moodle anda. Isikan data pada kotak isian yang disediakan
  • Sebagai catatan untuk diperhatikan, !
    • kotak isian dengan huruf merah dengan tanda bintang adalah wajib untuk di isi. 
    • penulisan password minimal 8 karakter yang terdiri atas minimal 1 huruf besar, 1 huruf kecil, 1 angka dan 1 karakter non-alphanumeric
  •  Klik perbaharui profil
  • Langkah berikutnya adalah memasukan Informasi Situs.
  • Pada bagian self registration kami memilih otentikasi berdasarkan email, dimana siswa dapat mendaftar dan membuat akun disitus dengan menggunakan email. hanya untuk cara ini tidak dianjurkan karena dapat menimpulkan tindakan spaming.
  •  Klik save change

Akhirnya Pembuatan Situs Pembelajaran dengan mengunakan LMS Moodle telah selesai. nantikan tulisan kami selanjutnya tentang :

Pengaturan dan Manajemen Situs Sekolah Menggunakan Moodle

Referensi :


moodle.org
wikipedia.org

Posting :

Sebelumnya | Selanjutnya


Read more...
 
Copyright © 2009-2015 Yayasan UMBOH

Credit to dhetemplate and SMK TI Bulukumba