Sabtu, 22 September 2012

Facebook Timeline sebagai Media pembelajaran Sejarah

0 komentar
facebook sebagai media pembelajaran
Facebook Timeline sebagai media pembelajaran sejarah

Pembelajar TIK yang budiman, tentunya sangat lucu kedengaran topik kita kali ini dimana menjadikan facebook sebagai media pembelajaran di sekolah mengingat efek-efek negatif yang timbul akibat penyalahgunaan internet khususnya social networking dalam hal ini adalah facebook, ditambah lagi fasilitas sekolah yang belum memadai seperti jaringan listrik dan internet untuk sekolah-sekolah di pelosok, dan tidak menutup kemungkinan juga ada sekolah yang dengan sengaja menutup akses internet disekolahnya.

Perubahan-perubahan di dunia pendidikan sangat berkaitan erat dengan perkembangan teknologi, jadi tak ada salahnya jika kita berinovasi mengikuti perkembangan tetapi tetap dalam koridor yang berlaku guna peningkatan mutu pendidikan.

Dengan melihat fitur Facebook serta popularitasnya rata-rata pengguna facebook adalah pelajar SMP, SMA bahkan mahasiswa, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba membuat media pembelajaran yang menarik bagi siswa.

Ide ini sebenarnya telah dijalani oleh 4e Gymnasium, sebuah sekolah di Amsterdam, Belanda yang berinisiatif untuk menggunakan popularitas dari Facebook serta kemudahan dari fitur Timeline untuk diterapkan dalam kurikulum pengajaran mata pelajaran Sejarah.

Kelas Sejarah di sekolah tersebut kini memfokuskan bahasannya pada 4 subyek: perjalanan Ferdinand Magellan, penemuan-penemuan penting di abad 20, sejarah perkembangan dunia fashion mulai tahun 1950 hingga saat ini, dan era kebangkitan serta jatuhnya Uni Sovyet.

Tiap-tiap halaman akan memungkinkan para siswa untuk membuat sebuah postingan, lengkap dengan link untuk berbagai media (audio, film dan foto) yang bisa membantu mereka dalam menjelaskan tiap-tiap poin yang mereka ajukan, serta untuk memulai dialog dengan teman-teman sekelas.

Selain berkutat dengan konten, para siswa juga diharuskan untuk mengurutkan setiap peristiwa secara kronologis, yang pada akhirnya diharapkan akan bisa membantu mereka untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai tema sosial, budaya, trend-trend masa silam serta pencapaian bersejarah.

Kelas Sejarah di sekolah tersebut telah mengirimkan undangan terbuka bagi siapapun yang ingin menambahkan detil-detil baru dalam timeline.

Link Media Pembelajaran Materi Sejarah Komputer dengan menggunakan facebook timeline :

SEJARAH KOMPUTER





Leave a Reply

 
Copyright © 2009-2015 Yayasan UMBOH

Credit to dhetemplate and SMK TI Bulukumba