Sabtu, 10 Oktober 2015

Mengenal Google Educator Groups

1 komentar


Tentang Google Educator Groups


Google Educator Groups (GEGs) atau Google Group Pendidik merupakan komunitas pendidik yang saling belajar, berbagi, dan menginspirasi satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan siswa melalui solusi teknologi, baik di dalam maupun di luar kelas.

Google meyakini bahwa inspirasi terbaik bagi pengajar adalah pengajar lainnya. Dengan alasan inilah Google membantu memulai sebuah komunitas pengajar berdedikasi, yang menghadirkan manfaat teknologi ke sekolah, kelas, dan masyarakat di seluruh dunia.

GEG memberikan platform bagi pengajar untuk berkolaborasi dengan satu sama lain, memungkinkan mereka mengambil ide kreatif baru dari satu sama lain, dan saling membantu dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan siswa menggunakan solusi Google. Aktivitas GEG berlangsung secara online dan offline. GEG online memberi ruang bagi pengajar untuk berdiskusi bersama dan mempelajari satu sama lain melalui Google+; GEG offline mengadakan acara dan lokakarya secara lokal, sebagai sarana untuk belajar dan berbagi secara langsung.

Siapa saja dapat bergabung dengan GEG; kepala sekolah, administrator sekolah, pengajar, siswa, ataupun seseorang yang tertarik menggunakan produk Google untuk membantu orang lain dalam belajar. Setiap grup diatur oleh sukarelawan lokal (pimpinan GEG) yang tidak memiliki hubungan apa pun dengan Google.



Mengapa Google menginspirasi terciptanya GEG?


Google yakin bahwa Google Grup Pendidik akan membantu membangun kapasitas pendidik dan berkontribusi untuk keseluruhan misi kami dalam memajukan masyarakat, dengan mendorong akses ke teknologi terbuka dalam pendidikan.

Para pendidik bertindak sebagai pemimpin inspiratif dengan memanfaatkan teknologi untuk memberdayakan kelasnya. Mereka bukan hanya membangkitkan semangat siswa untuk menjadi pelajar yang lebih baik di kelas, tetapi juga membuka pemikiran mereka untuk menjadi lebih baik di setiap aspek kehidupan. Dengan mendukung GEG, Google berharap dapat membangun dan mendorong lingkungan yang tidak hanya menerima teknologi Google dan teknologi terbuka, tetapi juga menerapkannya dalam pendidikan, sehingga memungkinkan siswa untuk menerapkan teknologi baik di kelas maupun dalam kehidupan.

Apa itu Lokakarya Pendidik Google?


Di banyak negara, terdapat kurangnya kecakapan dalam bidang web di kalangan pendidik. Untuk membantu meningkatkan kecakapan di bidang web pada area tersebut dan memfasilitasi pembuatan Google Grup Pengajar, Google akan mengadakan Lokakarya Pengajar Google. Google akan menggunakan Kurikulum GEG dalam lokakarya ini, untuk memberi pelatihan kepada pengajar tentang dasar-dasar Gmail, Drive, Penelusuran, Maps, Google+, YouTube, dan Sites. Lokakarya ini memungkinkan pendidik yang tertarik untuk lebih mengembangkan keterampilan teknologinya. Kami juga memandang lokakarya ini sebagai lingkungan tempat dimulainya grup GEG dan melanjutkan pertemuan untuk saling membangkitkan semangat dan menginspirasi dalam menggunakan teknologi terbuka untuk pembelajaran.

Adakah program sertifikasi Google bagi pengajar?

Ya. Google for Education saat ini menawarkan sertifikat berikut, atau sertifikasi bagi pendidik:

  • Sertifikat Ujian Dasar
  • Pendidik Google
  • Pelatih Pendidikan Google
  • Pengajar Tesertifikasi Google


Bagaimana GEG membantu saya mendapatkan sertifikasi Google?


Di GEG, dengan saling terhubung dan saling berbagi dengan pendidik lainnya, Anda dapat mempelajari dasar-dasar alat Google dan cara memenuhi kebutuhan siswa secara lebih baik melalui solusi Google. Selain itu, meskipun ada banyak acara GEG yang bersifat nonformal dan santai, ada juga acara yang lebih formal, seperti lokakarya GEG, yang dapat Anda gunakan untuk terlibat secara aktif dengan kurikulum pengembangan profesional Google, seperti kurikulum GEG. Pertemuan tersebut juga dapat digunakan sebagai grup studi, tempat pendidik dapat mengajukan pertanyaan selama berlatih kursus Tingkat 2 dan belajar untuk menghadapi ujian yang diperlukan agar bisa menjadi Pengajar Google. Di negara dengan sambungan internet yang tidak merata, pertemuan GEG juga dapat digunakan untuk memberikan tempat dengan konektivitas, yang memungkinkan pendidik untuk duduk dan mengikuti kursus Tingkat 2 atau ujian yang diperlukan untuk menjadi Pengajar Google.

Selengkapnya tentang Google Educator Groups teman-teman dapat di tautan sumber dibawah ini

Sumber :
https://www.google.com/landing/geg/http://www.google.com/landing/geg/images/geg-badge-member.png

One Response so far.

  1. Bagaimana caranya gabung di GEG Bulukumba pak ? Saya seorang calon pendidik dan tertarik bergabung

Leave a Reply

 
Copyright © 2009-2015 Yayasan UMBOH

Credit to dhetemplate and SMK TI Bulukumba