Senin, 09 Januari 2012

Pengantar Perangkat Lunak pengolah angka | Materi TIK SMA XI

Pendahuluan


Untuk menunjang agar suatu data dapat lebih komunikatif, maka diperlukan suatu program pengolah angka. Microsoft Corporation merupakan salah satu vendor software terkemuka yang tidak hanya menawarkan program aplikasi pengolah kata, melainkan juga program aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yaitu Microsoft Excel (Ms. Excel). Bagaimana cara membuat dokumen dalam bentuk tabel, grafik, dan diagram dengan Microsoft Excel? Materi berikut akan mengajak Anda untuk mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan cara pembuatan dokumen dalam program aplikasi pengolah angka Microsoft Excel.

Setelah mempelajari materi bab ini, Anda akan dapat menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka, mengidentifikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka, menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka, mendemonstrasikan pembuatan spreadsheet baru, melakukan langkah dasar pengoperasian, menjelaskan formula dan fungsi program pengolah angka, serta memasukkan data ke dalam sel.

Database suatu statistik di kantor daerah senantiasa selalu berubah dari tahun ke tahun. Hal tersebut karena pengaruh adanya kelahiran, kematian, atau perpindahan penduduk. Informasi-informasi tersebut sangat penting untuk mengindentifikasi berbagai hal. Misalnya untuk pendataan penerimaan dana BLT (Bantuan Langsung Tunai) bagi warga miskin, untuk mendata jumlah pemilih dalam suatu Pemilu, dan lain sebagainya. Data-data tersebut perlu disampaikan secara sistematis dalam wujud tabel, grafik, atau diagram yang mudah untuk dipahami. Sebagai contoh, jumlah kelahiran di suatu daerah diwujudkan dalam data berupa tabel tiap-tiap bulan atau tiap tahun. Data dalam bentuk tabel ini akan lebih mudah disosialisasikan kepada staf kantor lain atau kepada masyarakat luas. Selanjutnya, data dalam bentuk tabel dapat diubah menjadi bentuk yang lebih sederhana lagi, yaitu bentuk grafik. Grafik memungkinkan kita untuk mengetahui data tentang suatu hal dalam kurun waktu yang relatif panjang. Coba Anda bandingkan, data dalam bentuk tabel dan grafik jumlah penduduk di sebuah desa kurun waktu 20 tahun. Pasti Anda lebih memilih data berupa grafik yang lebih sederhana dan mudah dipahami, bukan? Data yang dihasilkan pada uraian di atas tidak lepas dari program aplikasi pengolah angka.

Saat ini dalam dunia perusahaan, perkantoran, dan instansi baik milik pemerintah maupun swasta seringkali menggunakan software pengolah angka atau software spreadsheet untuk membantu penghitungan rugi laba, pengolahan statistik, pembuatan database, operasi statistik, pembuatan grafik, penggunaan rumus, dan lain sebagainya. Pada materi kelas X, Anda telah mempelajari berbagai macam program aplikasi komputer, salah satunya aplikasi pengolah kata Microsoft Word. Pada kelas XI ini, Anda akan mempelajari salah satu program pengolah kata, yaitu Microsoft Excel.

Materi SELANJUTNYA
Kembali ke DAFTAR MATERI 

Sumber :
Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi 2
Penulis
Eko Supriyadi Muslim Heri Kiswanto
 
Copyright © 2009-2015 Yayasan UMBOH

Credit to dhetemplate and SMK TI Bulukumba