Sabtu, 31 Desember 2011

Tools bobol WPS

0 komentar
Tentang WPS
WPS (Wi-fi Protect Setup) adalah Sebuah standar Komputasi yang memungkinkan pembuatan jaringan Wireless dengan lebih mudah. Tujuan dari protokol ini adalah untuk memungkinkan pengguna rumahan yang kurang memahami tentang keamanan jaringan wireless dan dapat diintimidasi oleh opsi keamanan yang tersedia untuk mengatur metode enkripsi WPA2, sehingga mudah untuk menambahkan perangkat baru ke jaringan yang ada tanpa memasukkan passphrase (kode keamanan) yang panjang


Untuk mengkoneksikan perangkat ke wireless terdapat 4 Metode pilihan yaitu dengan menggunakan PIN, Push-Button, USB dan Near-Field-Communication.

Kelemahan WPS
Baru-baru ini (Desember 2011) US-CERT (vulnerability VU#723755) melaporkan ditemukannya sebuah celah keamanan pada perangkat wireless yang memiliki Fitur WPS. Hacker dapat melakukan serangan brute force sehingga memungkinkan sebuah komputer mendapatkan akses tidak sah ke jaringan wifi dengan fitur WPS ini.


Seorang hacker yang telah mendapatkan PIN yang tercetak pada bagian sisi Wireless dapat mereset atau memulihkan password wifi sehingga pengguna yang lain dapat mengakses Wireless yang telah diambil alih.

How To
untuk mendapatkan akses ke Wireless dengan Fitur WPS, hanya membutuhkan 4 - 10 jam dengan menggunakan tools reaver-wps dengan menggunakan OS Linux.
Berikut ini adalah langkah-langkah menginstal dan cara menggunakan

1. Dowload dan extrak Tools reaver-wps di Google Code
http://code.google.com/p/reaver-wps/

2. Install Tools reaver-wps
$ ./configure
$ make
# make install
3. Cara Menggunakan
# reaver -i mon0 -b xx:xx:xx:xx:xx:xx -c 11
Ket :
-i (interface) mon0 = Mode monitor dari interface yang kita gunakan
-b (bssid) = alamat mac target akses point
-c (channel) = Channel target akses point

Pencegahan
Beberapa Merk Wireless menurut US-CERT yang rentan adalah Buffalo, D-Link, Cisco Linksys, Netgear, Technicolor, TP-Link, dan ZyXEL. Sampai tulisan ini di Publish, Perangkat wireles diatas belum bisa menutup celah keamanan tersebut. cara satu-satunya dengan menonkatifkan Fitur WPS ini.

Informasi detail tentang Vulnerability ini dapat dibaca pada link ini

Leave a Reply

 
Copyright © 2009-2015 Yayasan UMBOH

Credit to dhetemplate and SMK TI Bulukumba